Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Jumat, 15 April 2011

"Tumbuhnya Pasar Mobil Domestik Indonesia di tahun 2011"

        Industri otomotif mempunyai bagian penting dalam perekonomian di Indonesia. Pasalnya industri ini merupakan salah satu industri yang banyak menghasilkan profit di pasar Indonesia. Banyaknya jumlah penduduk di Indonesia, dan adanya pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) rupanya berpengaruh terhadap peningkatan  permintaan masyarakat terhadap mobil. Jumlah penduduk yang besar menjadi hal yang menggiurkan bagi produsen mobil. Indonesia merupakan sasaran empuk untuk mengekspansi pasar. Selain itu adanya peningkat PDB rupanya diiringi oleh meningkatnya konsumsi domestik, dan hal ini juga menjadi penyebab meningkatnya penjualan mobil di Indonesia.


        Mengutip dari Bisnis Indonesia (31/01/2011), Vice President Otomotif dan Transportasi Frost & Sulivan (F&S) Viviek Vaidya mengatakan bahwa saat ini permintaan mobil di Indonesia sangat jauh dari stagnasi. Menurutnya, pertumbuhan pasar mobil di Indonesia ini baru awal, dan dalam 1-2 tahun ke depan Indonesia mampu menjadi pasar mobil terbesar di Asia Tenggara. Di tahun 2010 yang lalu, pertumbuhan permintaan mobil di Indonesia merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. Di tahun 2010, pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 58,14% dibandingkan tahun 2009, 764.710
unit mobil terjual saat itu.


       Mengutip dari http://www.investor.co.id (16/12/2010) di tahun 2010, hampir 75% penjualan otomotif di Indonesia didominasi oleh penjualan mobil penumpang, dan sisanya merupakan penjualan mobil-mobil komersial. Jenis mobil MPV menjadi primadona pada penjualan mobil di Indonesia pada tahun 2010 yang lalu. Sedangkan berdasarkan merek Toyota menjadi market leader dengan menguasai 37,9% pasar mobil, diikuti Daihatsu dan Mitsibushi yang menguasai pasar sebesar 14,7% dan 14,41% pasar mobil Indonesia. 
 
     Di masa yang akan datang diprediksi jenis mobil ramah lingkungan, jenis hibrid atau jenis mobil dengan bahan bakar listrik akanmeramaikan pasar mobil di Indonesia. Jenis mobil City Car juga akan menjadi alternatif pilihan konsumen, mengingat mahalnya harga BBM sekarang ini. Mengutip dari Bisnis Indonesia (31/01/2011) Direktur Pemasaran PT.KIA Mobil Indonesia Hartono Sukmono memprediksi adanya harga bahan bakar minyak yangterus meningkat akan mendorong penjualan mobil berkapasitas mesin kecil dan irit bahan bakar, yang banyak terdapat dalam segmen City Car. Mahalnya harga BBM, memaksa masyarakat untuk membeli mobil yang lebih efisien.




 sumber : http://www.wartaekonomi.co.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar