Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Minggu, 28 November 2010

KTP Elektronik di Tahun 2011 ??

Pemerintah Terapkan KTP Elektronik Mulai 2011



Pemerintah akan menerapkan penggunaan Kartu Tanda Penduduk elektronik bagi seluruh penduduk di Indonesia mulai tahun 2011.
"Penggunaan KTP elektronik akan dapat meningkatkan efektivitas pelayanan masyarakat," kata Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada Rapat Kerja Nasional Kependudukan dan Catatan Sipil tahun 2010, di Batam, Minggu malam
Dia mengatakan penggunaan KTP elektronik juga dapat membantu pendataan penduduk secara akurat guna kepentingan pelaksanaan pemilu maupun pilkada.
Selain itu, penggunaan KTP elektronik juga dapat membantu meningkatkan keamanan negara dan juga mencegah tindak terorisme di Indonesia, kata dia.
Mendagri menyatakan penerapan penggunaan KTP elektronik pada tahun 2011 diperkirakan akan menelan anggaran sebesar Rp2,4 triliun dari total anggaran sebesar Rp6 triliun hingga tahun 2012.
Pemerintah saat ini tengah mempersiapkan penyelesaian pendataan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan perangkat keras untuk mendukung penerapan KTP elektronik.
KTP elektronik merupakan alat identitas bagi penduduk dengan mencantumkan sidik jari pemilik sehingga tidak bisa digandakan maupun dipalsukan.
"Pengurusan KTP elektronik ini akan didapatkan oleh masyarakat secara gratis," kata Mendagri.
Penerapan penggunaan KTP elektronik ini diharapkan tuntas hingga merata ke seluruh penduduk Indonesia pada tahun 2012.
Mendagri mengatakan apabila penerapan penggunaan KTP elektronik ini dapat berlangsung sukses maka merupakan prestasi tersendiri bagi Indonesia.
Menurut dia saat ini penduduk Indonesia sebanyak 238 juta jiwa telah memiliki NIK dan 170 juta jiwa di antaranya telah memiliki KTP.
"China saja dalam penataan kependudukan di negara itu belum menggunakan sistem sidik jari," katanya.
Untuk taraf awal penerapan KTP elektronik akan dilakukan di 197 daerah di Indonesia mulai tahun 2011.
Dalam kesempatan tersebut Mendagri juga menyaksikan penandatanganan surat pernyataan kesanggupan dari 197 bupati dan wali kota dari seluruh Indonesia yang akan menerapkan KTP elektronik.


sumber : www.vivanews.com

2 komentar:

  1. good morning, nice to visit your blog, this is a blog containing good information and interesting, congratulations to you.
    don't stop to be creative, hopefully I can come back here again
    do not forget
    I wait your comments on our new blog

    BalasHapus
  2. Thank you for visiting my blog.:)

    hopefully provide information that only can be beneficial to all:)

    feel free to check out my blog again.

    thanks a lot for the comments my blog

    BalasHapus