Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Senin, 22 November 2010

TUGAS 7


1.     Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran ?
2.    Sebutkan & Jelaskan beda pasar &  pemasaran ?
3.    Apa beda kebutuhan & keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran ?
4.    Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan marketing mix ?



Jawab :


1). Dalam pemasaran terdapat 5 konsep yang merupakan dasar pelaksanaan   kegiatan pemasaran suatu organisasi, yaitu :
  • Konsep produks
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana & harganya murah .Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi & distribusi yang luas .Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka .
  • Konsep produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi & cirri-ciri yang terbaik .Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri-ciri terbaik .
  • Konsep penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan & promosi yang agresif .
  • Konsep pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penetuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif & efisien dibandingkan para pesaing .
  • Konsep pemasaran social
Konsep pemasaran social berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan & kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif & efisien dari pada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen & masyarakat .



2). Pasar menfokuskan pada kebutuhan penjual .Karena pasar sibuk  dengan    kebutuhan penjual untuk mengubah produk/jasanya  menjadi uang kontan,sedangkan pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli .Karena itu pemasaran sibuk dengan memikirkan memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk & keseluruhan barang yang berhubungan penciptaan, pengantaran & akhirnya pengkonsumsiannya .


3). Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera ,sedangkan keinginanadalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.



4). Pengertian Marketing Mix merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini. Dimana konsep tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit.

Marketing Mix  secara singkat dijelaskan sebagai berikut:


a. Product (produk), yaitu
 segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.


b. Price (harga), yaitu
sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.


c. Place (tempat), yaitu
berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.


d. Promotion (promosi), yaitu
berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar